henrywae's weblog bekerja..belajar..berkarya..berjuang

14Aug/109

Akhirnya Sampai Juga Paketannya

Setelah menunggu selama hampir 1,5 bulan, akhirnya paketan yang kubeli dari seorang seller dari Hongkong di ebay sampai juga. Isi paket tersebut adalah Nokia Bluetooth Stereo Headset BH-214 OEM.

Sebenarnya yang mendorongku untuk membeli barang ini karena harga yang ditawarkan jauh lebih murah. Harga di counter mencapai 400 ribuan, sedangkan di FJB Kaskus sempat tawar menawar dengan salah satu seller jatuh ke harga 350 ribu. Di ebay, salah satu seller melego barang ini $16,88 + $1,00 untuk shipping. Total sekitar 170 ribu.

Tanpa pikir panjang, aku segera memesannya.

Satu bulan berlalu dan paket belum kuterima. Kucoba hubungi seller dan alhamdulillah responnya baik sekali. Bahkan seller menawarkan untuk mengirimkannya kembali karena seller khawatir paketan hilang di perjalanan.

Akhirnya kemarin paket tersebut datang. Aku cukup membayar 3 ribu kepada pak pos untuk biayanya.

Setelah semalam cek sana sini, barang dapat bekerja sempurna dengan i-mate Ultimate 9502 dan O2 Atom. Jadi barang benar-benar utuh, tidak mengalami kerusakan pada saat proses pengiriman.

Berikut ini beberapa tips berbelanja di ebay:
- Silakan download tabel tarif bea cukai maupun biaya lain disini, sehingga dapat memprediksi besarnya biaya ketika sampai di Indonesia.
- Pastikan mempunyai akun Paypal dengan status verified.
- Lakukan pencarian barang yang sesuai.
- Pilih seller yang dapat dipercaya. Top Rated Seller adalah yang terbaik. Tetapi jika tidak bisa mendapatkan Top Rated Seller, pilih seller dengan reputasi baik, baca baik-baik respon dari para pelanggannya.
- Pastikan barang bisa dikirim ke Indonesia.
- Tanyakan kondisi barang dan sebagainya kepada seller. Seller yang baik adalah seller yang senantiasa menjawab setiap pertanyaan dengan baik.
- Kiriman dari luar negeri membutuhkan lebih banyak waktu, gunakan jasa kurir semacam Fedex atau DHL bagi yang kurang sabar atau bagi yang ingin tracing paket.

Bagi yang merasa ribet dengan model belanja di ebay, di FJB kaskus banyak yang menawarkan jasa pembelian barang dari luar negeri.



Tags: jasa ebay kaskuskaskus ebaybelanja di ebay kaskus
Comments (9) Trackbacks (0)
  1. Bos,tehnik AGCnya ngga manteb.msh kliatan tuh permalinknya [+]
    bikin blog AGC kok nanggung-nanggung

  2. AGC?…nggak ada auto-autoan tuh…
    STT2 kali yah?…
    ada yg salah?…
    atau mungkin ada beda persepsi ya?… šŸ˜‰

  3. halo,mau tanya nih,sekaligus bagi pengalaman, saya belanja dari US, sampai di jakarta 23 november 2011,sampai ke Kantor Pos Pusat Jakarta Utara Jl.Swasembada timur XI no.37 tertanggal 26 november 2011,surat pemberitahuan nya baru sampai tanggal 1 Desember 2011 setelah berkali kali telpon sana sini, akhirnya ketemu sama yang bersangkutan dari Kantor Pos Pusat Jakarta Utara,tapi saya kali ini kurang jelas dengan perhitungan pembeaan nya,apakah benar seperti ini, harga invoice untuk barang nya senilai US$37.85 , biaya pengiriman di invoice sebesar US$43.23, di PPKP saya(Pencacahan dan Pembeaan Kiriman Pos ,yang diberikan melalui pihak kantor pos pusat jakarta utara) ditulis Cost (C) sebesar US$100 , Freight(F) sebesar US$43.23 , langsung di CIF nya sebesar US$93.69,ada lagi tertulis C&F sebesar $143.23,Pembeaan nya dihitung dari CIF sebesar $93.69 x Rp8990 = Rp842,273 saat itu kurs nya Rp8990, saya dikenakan bea masuk dari CIF sebesar Rp842,273 x5% = 42,113PPN nya = 10%x(CIF + bea masuk) = 10%x(842,273 +42,113) =10%x Rp 884,386 = Rp88,438terus ada lagi PPh nya = 7,5%x (CIF + bea masuk ) = 7,5% xRp884,386 = Rp66,328
    sehingga total pembeaan nya Rp196,879 ditambah lagi dengan biaya lain-lain diantara nya bea lalu bea Rp3000 dan bea bungkus ulang Rp4000 , sehingga total yang dibebankan ke saya Rp203,879 . Setelah melunasi pembeaan ini melalui pihak pos secara tunai cuma dapat 1 lembar PPKP, lembaran ke 5 yang tertulis di sebelah kanan bawah tertulis Lembaran ke-5 untuk KPPBC . apakah cara nya begini bayar pajak untuk negara Indonesia? yang saya sedikit kurang paham dengan perhitungan mereka kali ini, apakah saya tidak mendapatkan hak bebas bea masuk US$50?karena saya rasa pembeaan yang dibebankan ke saya cukup memberatkanā€¦. saya tanya ke kantor pos pusat jakarta utara jl.swasembada timur XI no.37 dengan Pak Ag cuma dijawab situ kan sudah dapat PPKP nya jelas semua tertulis di sana ada nama pejabat nya sama nomor nip nya ,itu yang hitung bea cukai , kalau gak percaya tanya aja ke bea cukai kata nya begitu,Bagi yang ngerti bantu penjelasan nya donk ,saya juga sambil belajar Undang-Undang Kepabeanan nih jadi nya, karena ini berkaitan dengan hak kita sesama warga negara Indonesia

  4. Maap sy jg kurang faham…
    Di kaskus ada lounge baru “Melek Hukum”,coba aja obok2 sana & tanya2 disana,kali aja ada pencerahan..

  5. biasa nya kalau penyetor kan dikasih lembar sspcp( surat setoran pabean ,cukai,dan pajak )lembar ke 3 sama ppkp(pencacahan dan pembeaan kiriman pos) lembar ke 3 kalau menurut peraturan menteri keuangan, tapi ini saya cuma dikasih ppkp yang lembar ke 5 ,form ppkp nya berdasarkan keputusan menteri nomor84/kmk.04/2002 , apakah itu sesuai undang-undang kepabeanan?saya bisa tuntut mereka bukan hanya minta koreksi penghitungan bea masuk nya nih, tunggu aja bapak pejabat di sana,tunggu ya,saya mau minta kejelasan.

  6. Alhamdulillah paket sy yg kedua aman, nggak ada biaya macem2, cuman bayar Bea lau bea 3ribu doang..
    Padahal harga barangnya $63.95…

  7. ahhh…………….berhasil juga brobisa bantu nih dlukirimx lewat jasa apa beri tahu dong ……..!

  8. gimana cara mengetahui alasan paket ditolak. bea cukai. saya tau nya dari tracking china post. dgn status unsuccess delivery padahal sudah sampai indonesia. isi nya pc tablet. sudah kontak seller tidak ada respon.

  9. lumayan lama nunggunya ya, bikin deg-degan kalau gitu


Leave a comment

No trackbacks yet.