henrywae's weblog bekerja..belajar..berkarya..berjuang

6Jan/09120

Aku Hidup Tanpa Empedu

Seperti yang sudah pernah aku tulis di posting sebelumnya, karena infeksi empedu, terpaksa empeduku harus diambil. Dan kerennya aku bisa mendapatkan rekaman video menit-menit pengambilan empedu itu. Inilah rekaman video Laparascopic Surgery

Part 1

Part 2

Part 3

Part 4

Part 5

Tags: hidup tanpa empedupasca operasi batu empeduinfeksi empeduefek samping operasi batu empedutanpa empedupolip empeduhenrywaeefek samping setelah operasi batu empeduefek operasi empedupasca operasi empedu
Comments (120) Trackbacks (0)
  1. Mas … saya posting videonya ya …

  2. salam kenal, saya dari solo,,,sy operasi batu empedu tgl 23 september 2011..gejalanya sama seperti maag tp ada lemas dan nyeri sampe punggung sebelah kiri,,batu empedu ckp besar 18mm…akhienya sy di operasi dg laparoskopy..namun pasca operasi sampe sekarang perut sy masih sering kembung,perut terasa penuh,bahkan spt org hamil..kl sendawa kdg kluar cairan asam..sy jg srg kayak masuk angin terutama d perut.punggung sebelah kiri.sy jg susah tidur,,.sy sdh ke banyak dokter ada yg bilang maag,kecemasan pasca oprasi,stress,,dll…bahkan ada yg menyarankan sy u/minum enzym setiap kali makan,ktnya seumur hidup hrs minum agar keluhan2 sy diatas tdk timbul..tp sy takut efek minum enzym tsb,,,sy butuh info apakah rekan2 jg mengalami apa yg sy rasakan?mhn infonya,,tks

  3. tahun 2008 sy operasi pengangkatan kantung empedu.. setelah operasi kenapa ya sy jd seriiiing banget kentut (maaf) dgn frekwensi dan intensitas tinggi… klo boleh tahu kenapa / apa penyebabnya ya…??? trmksh..

  4. @Bu Ratna:
    Monggo Bu…

  5. @lovey:
    Enzim pencernaan kali ya?.
    Menurut saya, kalo BABnya lancar & biasa (nggak cair) kayaknya nggak perlu deh…

  6. iya,,penambah enzym namanya enzyplex,ktnya enzym membantu kerja pencernaan krn berkurangnya cairan empedu, jd bukan obat,,biar ga kembung,sebah atau berasa penuh di perut…BAB sy lancar dan biasa saja..memang air putih harus banyak,,kl lagi kambuh saya minum air hangat ditambah madu…ok deh coba ga tak minum enzyplexnya..tks

  7. tapi sudah bisa melakukan aktivitas seperti biasa/kerja ringan ? gmna berta badan turun atau stabil?

  8. @lovely
    Saya TB 172cm berat 70kg & stabil…

  9. cb makanan organik melilea,selain membantu memperlaanncaarr bab jg membantu mengeluarkan toxin.aman tanpa efek samping.sy mengkonsumsi sdh 6 bln yg lalu

  10. Salam kenal semuanya,
    Saya cuma mau sharing saja pengalaman istri saya yang kebetulan memiliki gejala sakit seperti penderita sakit kuning/batu empedu, di antaranya kuning (jaudice), maag, kadang diare. Karena mirip dengan gejala sakit kuning/batu empedu dokter hanya memberikan obat saja. Setelah kira2 satu bulan lebih gejala tidak berkurang melainkan makin parah, maka istri dibawa ke Jakarta untuk diperiksa darah dan juga MRI. Hasilnya ternyata bukan sakit kuning/batu empedu melainkan kanker saluran empedu yang ganas. Jadi mohon hati-hati jika memiliki gejala sakit seperti sakit kuning/empedu. Lebih baik segera dicek darahnya (test Ca19.9) atau lakukan MRI setelah konsul dengan dokter bedah.

  11. asalamualaikmum, salam kanal, mas henry saya minta no HP/telp rumah saya mau telp langsung, karenma berdasarkan hasil USG dari RS CiPTO Jakarta, saya menderita polip diempedu dan harus di operasi? ini no HP saya

  12. Mas hendry, saya minta no HP atau tel rumah saya mau telpon aja dec, hasil cek tanggal 20-4-2012 dari Rumah Sakit sari asih, merupakan cek lanjutan , polip bahkan multiple polip/polip lebih dari satu diempedu saya yang terbesar sudah 0,64 cm (USG Dr.ADE), disarankan untuk operasi pengangkatan empe, tapi perut nggak sakit nggak apa, cuma perut terasa penuh, terasa ada yang mengganjal harus ditahan pake bantal kalau mau makan duduk bahkan sering makan sambil rebahan/telungkup nahan perut dada kanan bawah, agak sedikit buncit, cepet cape, suhu badan selalu tinggi, napas besar dan pendek, mau tidur terus, makanan sudah saya jaga, apa ini perlu dioperasi juga> trapai hasil USG Abdomnen, semua nya normal kecuali ada multiple polip diempedu tapi ukuran empedu normal tidak membesar hanya tampak lesi/dibagain didinding dalam eme[pedu, apakah harus sioperasi juga mas? mohon share semuanya, semoga ya allah

  13. Saya juga sama dengan anda sudah mengalami laparascopic di rumah sakit Cikini Jakarta, pengambilan batu empedu dan empedu sudah diangkat sejak tahun 2010. Ddulu sebelum operasi saya tidak boleh makan lemak karena akan merasa sakit seperti sakit maag. Namun sampai sekarang saya sudah bebas makan apa saja dan tidak ada keluhan.

  14. mas henry, kalau saya sih bukan batu empedu tapi POLIP diempdu, gejalanya ngantuk terus, cepat cape, ada yang mengganjal, di perut, terus perus agak buncit, tapi sakit maagnya juga kronis dan BAB selalu mencret/ Apakah sakit maag menyebabkan empedu atau empedu memunculkan sakit maag??? bagusnya operasi dulu baru sembuhkan maagnya atau sembuhkan maagnya baru lakukan operasi? tapi hampir semua obatmaaag yang mahalpun telah saya minum, hasilnya belum terasa? apakah jkalau dioperasi empedunya dengan sendirinya sakit maag sembuh? minta saran mas hendry

  15. mas patar situmorang, sebelum diangkat BAB sering mencret nggak pak? warna urin + BAB, gmn warnanya? kebanyakan rata-rata batu empedu, kalau saya polip diempedu? gejala-gejala apa saja yang muncul pasca operasi/pebngangkatan empedu mas patar? minta penjelasan????? terima kasih

  16. kepada yth. bapak Patar Situmorang, boleh saya minta no HP atau telepon rumah? biar sharing langsung rencana saya bulan juli insaallah mau dilavarcopy?

  17. Hari ini saya mengikuti tindakan medis laparoskopik pengangkatan kandung empedu…. Disaat saya dilanda kecemasan dan takut… saya coba browsing internet dan puji syukur setelah baca kisah bapak2 rasanya seperti punya teman senasib hidup tanpa kandung empedu… hari ini hari pertama setelah operasi dilakukan jadi masih terasa sedikit nyeri di dada dan takut tuk bergerak… padahal dokter bilang gak masalah banyak gerak… sebelumnya sudah beberapa kali opname keluhan mual dan sulit makan karna merasa dada penuh… setelah di USG ternyata kandung empedu saya banyak batu kecil2…. dokter menyarankan untuk diangkat karena jika dibiarkan malah bertambah parah… saya belum bisa bercerita seperti apa hidup tanpa empedu… semoga keadaan ini lebih baik dari sebelumnya…. amin

  18. Assalamualaikum….saya mau operasi batu empedu,tp masih bimbang…karna kalo tdk terasa, sy hidup normal alias tdk merasakan sakit apapun, malah orang jg kaget..ktya sakit tp ko masih bs jalan2 malah lari kencang…. yg saya tanyakan apakah rekan2 juga sama seperti sy ???…karna sampai saat ini sy menulis tdk ada keluhan sama sekali….tp hasil 2 kali USG dan MRCP hasilnya memang ada batu di empedu…..sy masih ragu mau di operasi ,karna kantong empedunya pun ikut di angkat….mohon saran dan masukannya…..terimakasih……

  19. Usia sy 39 tahun ,dan terakhir terasa seminggu yg lalu….dan memang sakit sekali kalo sdh kambuh, tetapi intervalnya lama ke sakit berkutnya…,takutnya setelah operasi, sy tdk dpt beraktifitas seperti biasa….sampai saat ini sy menulis sy masih sangat galauuuu….thank u

  20. wahh,,,itu videonya lo


Leave a comment

No trackbacks yet.