henrywae's weblog bekerja..belajar..berkarya..berjuang

14Nov/0812

Aplikasi Delphi Berjalan di Ubuntu

Sempat tertarik dengan pertanyaan salah satu temen di Delphindo. Aplikasi Delphi berjalan di Ubuntu. Banyak yang memberi tanggapan. Salah satunya menginformasikan bahwa aplikasi yang dibangun dengan komponen IBO & FastReport bisa berjalan mulus di Ubuntu. Wah, makin menarik, karena selama ini aku membangun aplikasi dengan 2 komponen itu. Syaratnya cuma pakai WINE aja.

Aku siapin semuanya, Ubuntu sudah siap, install WINE lewat Synaptic Package Manager. Ternyata WINE membuat folder-folder seperti di windows, seperti Program Files & Windows. Aku copy client library yang dibutuhkan (gds32.dll).

Aku jalankan aplikasi, but wek, client library not installed. Wah,pasti ada yang terlewatkan. Beberapa jam tanya om google, tanya di milis nggak ada jawaban. Muter-muter lagi tanya si om google lagi..no answer.

Aku coba scan gds32.dll dengan PEID..aha created with Microsoft Visual C++ 6.0. Pasti library ini butuh msvcp60.dll. Selanjutnya aku copy msvcp60.dll ke System32-nya WINE.

Kucoba lagi aplikasiku dan semua berjalan mulus, semua fitur berjalan dengan sempurna. Tapi kok fontnya ngaco. Nggak masalah, tinggal copy font yang dibutuhkan ke folder Fonts si WINE. Semua ok, koneksi dengan IBO nggak ada masalah, report dengan FastReport juga nggak ada masalah, bahkan dotmatrix report yang aku bikin pake RAWPrinterpun ok.

Well, aplikasi running perfect di Hardy Heron. Tinggal bicarakan dengan si Boss, nggak perlu invest beli windows & tetek bengeknya untuk cabang. Budgetnya dialihkan ke gaji aja..hehe..maunya..

Ini dia beberapa screenshotnya.

Tags: delphi di ubuntudelphi for ubuntudelphi ubuntuinstall delphi di ubuntudelphi untuk ubuntudelphi on ubuntuinstal delphi di ubuntuaplikasi delphicara instal delphi di ubuntudelphi in ubuntu
Comments (12) Trackbacks (0)
  1. Linux vs Windows. Who will become the winner???

  2. Dari sisi mana dulu bro?
    Nek invest jelas-jelas linux dong. Bayangin aja kalo ada banyak cabang, semua ada komputer, butuh OS. Kan kalo pake linux tinggal pake aja, budgetnya bisa buat yang lain, gaji misalnya..hehe..

  3. Tapi khan linux bikin askit bro. Sakit pegellinux. Soalnya bikin pusing juga…

  4. Mas, kalo mau bangun aplikasi di linux (khususnya ubuntu) selain pake gambas apa lagi? yg bwt pemula kyk saya ya..hehehe
    Kalo yg berat2 mah.. blum cukup ilmunya..
    Ato, mas ada info, milis bwt developer yg make ubuntu sbg os-nya?
    makasih mas…

  5. Maaf mas Fahmi, kebetulan saya belum pernah develop aplikasi di Ubuntu. Ini hanya aplikasi under Windows yang didevelop pakai Delphi tapi running di Ubuntu.

  6. Asik, sakit pegellinux gak terjadi lagi kalo Delphi dan Fastreport bisa running well di Ubuntu, acik..acik..mo di Kurt Cobain akh …

  7. @ardi
    Tinggal pake Salonpass ajeh ,,,

  8. ya .. ya … selamat. saya tertantang untuk mencoba. ada program dengan midas.dll dan intrcpt.dll di dalamnya untuk memicu file executable — yang ingin saya jalankan di ubuntu . ada suggest atawa pengalaman ?

  9. Yang jelas kalau berkaitan dengan dll, harus diketahui dll tersebut apakah tergantung dengan file lain. Seperti saat saya menggunakan GDS32.DLL.
    Dari beberapa review, sepertinya masih ada masalah ketika memicu aplikasi lain. Bermasalah ketika memanggil path-nya.

  10. Jamaluddin Fahmi :
    Mas, kalo mau bangun aplikasi di linux (khususnya ubuntu) selain pake gambas apa lagi? yg bwt pemula kyk saya ya..hehehe
    Kalo yg berat2 mah.. blum cukup ilmunya..
    Ato, mas ada info, milis bwt developer yg make ubuntu sbg os-nya?
    makasih mas…

    pake lazarus or kylix aja…………..

  11. @akep
    yup..lebih nyaman pake lazarus, bisa dicompile dimana-mana…

  12. ane suka pake lazarus gan…
    lebih asyik aja..


Leave a comment

No trackbacks yet.