henrywae's weblog bekerja..belajar..berkarya..berjuang

4Oct/103

Review Singkat i-mate Ultimate 9502


Biarpun telat karena hanya mereview gadget jadul (2008), tapi sepertinya belum ada yang mereview gadget ini. Berdasarkan analisa, ada beberapa hal yang menyebabkan minimnya review, antara lain:

  1. Minimnya pengguna (padahal lebih canggih dibanding gadget seangkatannya, semisal HTC Tytn II yang memiliki spec hardware sama, bahkan sampai dijuluki Tytn II Killer)
  2. Tidak adanya support dari distributor (KDS) dikarenakan i-mate sendiri sudah bangkrut sejak September 2009 (http://en.wikipedia.org/wiki/imate)
  3. Nama i-mate tenggelam ditelan nama besar HTC yang selalu menghadirkan gadget-gadget baru dan lebih canggih

Sebenarnya sudah ada sekitar 6 bulan memegang, merasakan & menikmati fitur gadget ini. Dulu sempat bingung mau beli HTC Touch Diamond atau i-mate Ultimate 9502. Di FJB Kaskus, harga second kedua gadget ini sama. Tetapi akhirnya setelah dipikir-pikir,  dengan mengesampingkan garansi, pilihan jatuh ke i-mate ini.

Spesifikasi lengkap dari gadget ini dapat dilihat disini.

ISI BOX
Paket penjualan gadget ini berisi:

  • 1 buah PDA Phone bersama stylusnya
  • 1 buah baterai
  • 1 buah stylus cadangan
  • 1 buah kabel USB
  • 1 buah charger beserta 5 jenis colokan
  • 1 buah headset
  • 1 buah kabel multimedia (TV Out)
  • 1 buah CD
  • 1 buah pouch
  • 1 buah microSD 1-2 GB
  • Buku Manual
  • Kartu Garansi (yang tentu saja sudah tidak bisa diklaimkan lagi)

FISIK
Secara fisik, gadget ini terlihat gagah, aneh dan terkesan berat. Ditambah dengan accessories imitasi kulit di bagian atas dan bawah menjadikan gadget ini unik. List warna silver di sekeliling layar dan speaker ikut menambah unik dan mempermanis bentuk fisiknya.

Berat namun nyaman. Itulah yang saya rasakan ketika memegang gadget ini. Material body dari gadget ini hampir semuanya adalah metal. Bandingkan dengan gadget lain yang rata-rata terbuat dari plastik. Mungkin karena material inilah yang membuatnya cukup berat di genggaman (sekitar 2 ons).

Karena paling sering terkena gesekan saat keluar masuk pouch, bagian yang paling mudah terkelupas adalah tutup baterai. Namun hal itu sangatlah mudah diatasi dengan cat ulang, atau dengan melapisi stiker. Ingat, materialnya adalah metal, jadi setelah dicat ulang tidak akan tampak kalau dicat ulang.

Keyboard gadget ini tersembunyi dibawah layar LCD. Dengan menggeser layar, maka keyboard dengan tombol mungil dan imut akan tampak. Meskipun tidak pernah menggunakan keyboard (saya lebih suka menggunakan Letter Recognizer), tapi ketika mencoba menekan tombolnya terasa nyaman. Mungkin karena design tombol yang agak menyembul, menjadikannya terasa sangat pas di jempol.

Ada banyak sekali tombol yang akan memudahkan pemakai dalam memaksimalkan fungsi gadget ini. Di barisan depan ada tombol Mail, Internet, Windows Start Menu, Left Soft Key, Right Soft Key, D-Pad, OK dan END. Di barisan sebelah kiri ada Scroll, OK dan Wireless Manager. Di barisan sebelah kanan ada Volume/Zoom, Notes dan Kamera.

Panjang stylus bisa disesuaikan mirip antena radio. Jadi bagi yang menyukai stylus pendek bisa dipendekkan, begitupun sebaliknya. Ketika stylus dimasukkan ke tempatnya terdengar bunyi klik, terasa pas, mapan dan tidak longgar.

Sebenarnya sayang, gadget sebesar ini hanya memiliki layar 2,8”. Namun dengan mininya layar dan besarnya resolusi (480x640)  membuat tampilan layar sangat tajam dan jernih.

FITUR
Gadget ini didukung dengan baterai 1660 mAh. Dengan arus yang cukup besar membuat jangka waktu stand by lebih lama dibanding dengan gadget lain (saya membandingkannya dengan 2 gadget saya sebelumnya). Tiga hari untuk stand by dan 1 hari untuk berinternet dan berGPS.

Dibandingkan 2 PDA Phone saya sebelum ini (XDAIIi & Atom), kualitas suara yang dikeluarkan oleh stereo speaker di belakang body cukup lumayan. Dengan menggunakan software Pocket Music dan dengan sedikit setup equalizer, menjadikan suara yang dihasilkan lebih mantab. Suara basnya empuk, treblenya sangat terasa dan tidak pecah meskipun volume diset full.

Kualitas suara saat meneleponpun sangat baik. Suara lawan bicara sangat empuk, jelas dan bebas noise. Begitupun dengan kualitas microphonenya, suara di seberang cukup jelas dan tanpa noise.

Disebutkan di banyak sumber bahwa gadget ini tidak support micro SDHC. Memang benar tidak support kalau masih menggunakan Windows Mobile 6.0. Namun gadget yang saya dapatkan ini sudah menggunakan Windows Mobile 6.1, jadi micro SDHC dapat terbaca dengan sempurna. Segera update ke Windows Mobile 6.1 jika anda mendapatkan gadget ini masih menggunakan Windows Mobile 6.0 (membutuhkan ROM Unlock Code).

Kemampuan untuk menampilkan display di TV maupun LCD Proyektor sangat  memudahkan presentasi, nonton film, maupun hanya melihat koleksi foto. Cukup colokkan kabel TV Out, kemudian tekan [Fn] + [sym], maka tampilan layar akan muncul di external display.

Kamera 3.0 MP yang tertanam di gadget ini mampu mengambil gambar dengan resolusi sampai 2048x1536. Dikombinasikan dengan fitur Auto Focus dan lampu LED yang cukup terang menjadikan gadget ini makin mantap saat mengambil gambar di dalam ruangan. Kemampuan merekam videopun lumayan bagus. Gadget ini mampu merekam video dengan resolusi 352x288 dengan frame rate sampai dengan 15 fps.

Bernavigasi di halaman web maupun dokumen lebih nyaman dengan menggunakan scroll di sebelah kiri gadget. Tidak perlu menggunakan stylus maupun dpad untuk melakukan pembacaan berlanjut.

Dengan processor Qualcomm terbukti lebih battery friendly dibandingkan Intel. Kecepatan 400 MHz Qualcommpun tidak lebih buruk dibandingkan 416 MHz-nya Intel.

Dengan ROM 256MB dan dukungan slot microSD membuat saya tidak perlu banyak khawatir untuk menjejalinya dengan berbagai macam aplikasi dan games.

RAM sebesar 128MB membuatnya cukup bertahan tanpa freeze saat melakukan beberapa task sekaligus, seperti membuka Office Mobile sambil mengakses web dengan Opera Mini maupun sambil berGPS.

Ketika menjajal Garmin XT untuk bernavigasi, meskipun berada di dalam rumah, locking satelit GPS sangatlah cepat dan akurat.

Dukungan koneksi HSDPA dan kemampuan Wifi membuat browsing menggunakan Opera Mini maupun chat dengan Slick atau Palringo menjadi sangat nyaman.

Untungnya gadget ini masih mengusung teknologi jadul yaitu TFT Resistive. Sehingga fitur Letter Recognizer masih bisa digunakan (saya lebih suka menulis dengan menggunakan Letter Recognizer daripada keyboard).

Standard di Windows Mobile namun sangat penting. Yaitu kemampuan view dan edit dokumen Microsoft Office, menjadikan gadget ini sebuah perangkat bergerak yang fungsional. Tidak perlu takut tidak dapat menyelesaikan laporan karena sering tugas keluar.

Terdapat fitur auto lock jika gadget ini hilang tercuri. Cara kerja sistem ini adalah dengan mendaftarkan si gadget di http://imate.com. Jika gadget hilang, tinggal menset di web tersebut, dan ketika gadget tersebut online, maka akan terkunci otomatis. Namun dengan bangkrutnya i-mate membuat fitur ini sia-sia. Segera hapus shortcut i-mate service dan i-mate configurator di \windows\startup. Dengan hilangnya 2 service ini cukup bisa membuat RAM lebih bisa bernafas.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Beberapa kelebihan:

  1. Layar sangat tajam dengan resolusi VGA (480x640), cukup nyaman membaca pesan maupun ebook dengan setting font kecil.
  2. Kemampuan menggunakan external display (TV Out) memudahkan presentasi ataupun sekedar melihat album foto.
  3. Ada banyak sekali tombol shortcut, memudahkan bernavigasi.
  4. Locking satelit GPS sangat cepat dan akurat (tergantung lokasi dan software).
  5. Dukungan koneksi HSDPA dan Wifi membuatnya stay connected.
  6. Menggunakan processor Qualcomm, lebih battery friendly.
  7. Material body terbuat dari metal, sangat kokoh.
  8. Model slide out keyboard mirip Sidekick, unik.
  9. Bagi penikmat gadget berkeyboard, design keyboard cukup mungil namun tetap nyaman dan fungsional

Beberapa Kekurangan:

  1. Tanpa garansi, ketersediaan sparepart termasuk baterai sangat terbatas. Beberapa sparepart maupun baterai hanya tersedia di sebagian buyer ebay.
  2. Cukup besar dan berat di genggaman.
  3. Dimensi layar kecil (2,8"), tidak sepadan dengan resolusi yang ada.
  4. Meskipun baterai cukup besar untuk jenis handphone, namun tetap belum bisa menjinakkan borosnya Windows Mobile.
  5. Kecepatan processor hanya 400MHz, bandingkan dengan gadget-gadget saat ini yang sudah mencapai 1GHz.
  6. RAM/ROM yang hanya 128/256 cukup kecil dibandingkan gadget saat ini yang sudah mencapai 512/1024.
  7. Jangan pernah membayangkan Windows Mobile 6.5 atau Windows Phone 7 berjalan di gadget ini. Hanya ada official ROM Windows Mobile 6.1.
Tags: imate 9502buah matesuara tv kecilcara menggunakan hp i mate 9502
Comments (3) Trackbacks (0)
  1. bang, gmana ya cara update ke windows 6.1, trus ngatur koneksi internetnya gmana ya? bahas lebih mendalam ttng tv-out dong. thnx bang.

  2. gan dimana saya bisa dapet bTreinya yah, pujya ane batreinya dah ngedrop.

  3. Coba di ebay..
    Dulu ane pernah baca kayaknya di roxy ada yg bisa kanibal batrenya..


Leave a comment

No trackbacks yet.