henrywae's weblog bekerja..belajar..berkarya..berjuang

27Nov/0810

Tips Berhenti Merokok

Hanya pengen berbagi pengalaman dengan teman-teman perokok yang ingin berhenti merokok. Aku yakin 90% perokok pengen berhenti merokok.

Lebih kurang 8 tahun aku menjadi seorang perokok, berat malahan. Sehari bisa kuhabiskan 2 sampai 3 bungkus rokok. Karena saking beratnya, sampai aku tidak bisa merasakan dimana nikmatnya merokok.

Berikut ini tips-tips berhenti merokok yang mungkin berguna :

  1. Pikirkan bahaya-bahaya merokok. Baik bagi diri sendiri maupun orang lain.
    Asap rokok mengandung lebih kurang 4.000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya menyebabkan kanker. Tar, nikotin, karbon monoksida diantaranya.
  2. Jangan pernah berusaha mengurangi kadar atau jatah merokok dengan harapan bisa mengurangi resikonya.
    Aku pernah berusaha mengurangi kadar dengan berganti merk rokok dari yang berat ke ringan. Tidak pernah berhasil, karena tubuh sudah terbiasa dengan kadar nikotin yang ada, dan justru aku menjadi lebih sering merokok.
    Kemudian aku berusaha membatasi merokok dengan menjadwal jatah merokok. Per 1 jam aku pilih. Jadi setiap kali selesai merokok aku harus menunggu 1 jam untuk merokok lagi. Ini juga tidak berhasil. Aku jadi kayak orang aneh, gelisah, stress, kerjaannya lihat jam :D
  3. Pilih hari yang tepat untuk berhenti merokok, niat, dan berjanji dengan diri sendiri untuk konsisten dengan niat ini.
  4. Saat hari itu tiba, buang semua rokok yang masih tersisa.
    Pengalamanku sendiri, kubuang 1 bungkus Marlboro di hari itu. Sayang sih, tapi kubuang jauh-jauh perasaan itu, aku ingin sehat.
  5. Ceritakan ke orang-orang dekat (saudara, sahabat) jikalau berhenti merokok dan ingatkan jika mulai merokok lagi.
    Akan merasa sangat malu (yang punya malu :D) kalau sudah bercerita ke banyak orang tapi ternyata merokok lagi .
  6. Untuk sementara konsumsi makanan atau cemilan atau permen yang sekiranya bisa menggantikan rokok, dan tinggalkan ketika sudah tidak ingin merokok lagi.
    Selama beberapa minggu aku selalu mengkonsumsi permen. Bahkan sampai sering sakit gigi gara-gara permen. Tapi aku rasa tidak ada masalah, toh bahaya rokok kutinggalkan. Sampai sekitar 3 bulan permen juga kutinggalkan.
  7. Jangan pedulikan lingkungan perokok, teman-teman perokok, kalau perlu sementara tinggalkan lingkungan ini, karena lingkungan juga sangat berpengaruh.
    Aku tidak pernah meninggalkan lingkungan perokok karena memang semua temanku perokok :D. Aku hanya mencoba bertahan dengan niatku dan berhasil.

Sampai aku menulis ini, sudah hampir 3 tahun aku berhenti merokok, dan tidak pernah sekalipun ada keinginan untuk merokok kembali.

Semoga tips ini ada manfaatnya.

Comments (10) Trackbacks (0)
  1. Sip… aku juga dah nggak ngrokok 😀

  2. doain ja ya oms q bisa ngelaksanain tugas ini..
    qpengen banget berhenti merokok…..
    tapi gak pernah berhasil…..

  3. semuanya kembali ke niat kok mas..
    good luck deh..

  4. aku yo duwe tips dewe berdasar pengalaman pribadi :
    dalam kondisi stress (karena beban pekerjaan dll) aku pernah menghabiskan 10 bungkus rokok dalam waktu 48 jam. dan itu hanya ditemani kopi dan kopi. tanpa memasukkan makanan berat ke dalam perut. wah seminggu bar kuwi nek ngrokok muntah2. coba aja kl gak percaya. secara psikologis memanjakan nafsu secara berlebihan akan menghancurkan diri sendiri, alhamdulillah sekarang bisa berhenti.

  5. Sik..sik, 10 bungkus dalam 48 jam..Tiap jam 1 bungkus, 1 batang tiap 5 menit..Asbak itu mas..huebat tenan..
    Memang segala sesuatu yang berlebihan sangat tidak baik..

  6. wah.. ketoke saiki juga berhenti ki Den…

    kalo diitung2, wes 2 minggu ki ga ngrokok…

    he.he.he.. betah to..?? donga’ne ae Den… :)

  7. karena sakit aku berhenti merokok. ya empeduku diangkat. sebenare ra ono hubungane, tapi semangat dan dari diriku yang terus berkata STOP, STOP, STOP dan STOP.

    dulu 1 hari habis = 4 bungkus rokok
    1 bungkus marlboro,
    2 bungkus LA menthol,
    1 A-mild

    sekarang puji tuhan berhasil berhenti. aku mencoba untuk merokok tapi pahit membuat aku membuangnya.

  8. mas mas kabeh… dungakno aku iso leren rokokan yho… aku wis nyoba berkali kali kok gak bisa…. wis aku cuman jalok dungomu wae….

  9. sangat bermanfaat sekali, semoga yang masih ngerokok akan terinspirasi untuk berhenti merokok


Leave a comment

No trackbacks yet.